Cancel
Login

Diskusi Rutin dan Nonton Bareng Live Stream Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru di Melonguane

22Oct

Category Berita
Written by admin istrator

Pada Senin, 22 Oktober 2018 pukul 08.15 WIB bertempat di Ruang Cakra diadakan Diskusi Rutin dan Nonton Bareng Live Stream Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru di Melonguane, diikuti oleh Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda, Kepala Sub Bagian, Jurusita/Jurusita Pengganti, serta staf pada Pengadilan Negeri Mempawah.
 
Diskusi rutin oleh Ketua Pengadilan Negeri Mempawah Bapak Hasanudin, SH. MH., pagi ini bertema Prosedur & Administrasi Permohonan Peninjauan Kembali Perkara Perdata di Pengadilan Negeri.
Dijelaskan dalam diskusi bahwa PK Perkara Perdata merupakan padanan kata Request Civiel (rekes sipil) sedangkan PK Perkara Pidana padanan kata Herziening. Sistem hukum Prancis menyebut PK perkara perdata dengan requete civile. Kata civile dalam requete civile berasal dari kata civiliteit yang berarti kesopansantunan.  Maksudnya adalah permohonan PK dilakukan untuk mengadukan keputusan hakim yang bertentangan dengan hukum. Tetapi permohonan PK tersebut diajukan dengan penuh kesantunan, karena telah terjadi suatu kekeliruan atau kekhilafan nyata dalam putusan yang sebelumnya telah diambil.
Berdasarkan pasal 67 dan 69 UU MA ada 6 (enam) alasan PK yaitu (1) Apabila putusan didasarkan pada suatu kebohongan atau tipu muslihat pihak lawan yang diketahui setelah perkaranya diputus atau didasarkan pada bukti-bukti yang kemudian oleh hakim pidana dinyatakan palsu (2) apabila setelah perkara diputus, ditemukan surat-surat bukti yang bersifat menentukan yang pada waktu perkara diperiksa tidak dapat ditemukan (3) apabila dikabulkan suatu hal yang tidak dituntut atau lebih daripada tuntutan (4) apabila mengenai suatu bagian dari tuntutan belum diputus tanpa dipertimbangkan sebab-sebabnya (5) apabila antara pihak-pihak yang sama, mengenai suatu soal yang sama, atas dasar yang sama oleh pengadilan yang sama atau sama tingkatnya telah diberikan putusan yang bertentangan satu dengan yang lain dan (6) terdapat suatu kekhilafan hakim atau suatu kekeliruan yang nyata.
Setelah diskusi rutin dilanjutkan dengan Nonton Bareng Live Stream Peresmian Operasional 85 Pengadilan Baru di Melonguane melalui  chanel mahkamahagunglive https://www.youtube.com/ channel/ UCOtpmZ2yK7_4n07nbRHDJVQ sebagai salah satu bentuk partisipasi dalam peresmian operasional Pengadilan baru pada tanggal 22 Oktober 2018 bertempat di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara.

Comments

There are no comments

Post a comment