Cancel
Login

DISKUSI HUKUM PENGADILAN NEGERI MEMPAWAH

30Apr

Category Berita
Written by admin istrator


 
Pada Hari Senin, Tanggal 30 April 2018 dilaksanakan diskusi rutin bulanan yang diikuti secara terbatas oleh Personel Pengadilan Negeri Mempawah. Peserta diskusi tersebut diantaranya adalah Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, Panitera, Panitera Muda, Jurusita / Jurusita Pengganti, dan para Cakim. Diskusi yang diadakan secara rutin setiap satu bulan sekali tersebut adalah suatu kegiatan inovatif untuk membahas hal-hal yang menyangkut aspek hukum, meliputi tetapi tidak terbatas pada teori dan praktek hukum khususnya hukum acara pidana dan/atau perdata, kasus-kasus hukum aktual yang berkaitan dengan penanganan perkara, serta tanya jawab hal-hal yang berkaitan dengan hukum.

Untuk agenda pada kali ini, tema diskusi lebih berfokus pada penerapan Pasal 163 dan 164 HIR (Hirherzien Inlandsch Reglement ). Pasal 163 itu sendiri berbunyi :
“Barang siapa, yang mengatakan ia mempunyai hak, atau ia menyebutkan suatu perbuatan untuk menguatkan haknya itu, atau untuk membantah hak orang lain, maka orang itu harus membuktikan adanya hak itu atau adanya kejadian itu”.



Berdasarkan Pasal 163 HIR tersebut, terkesan bahwa pada umumnya Gugatan yang diajukan oleh Penggugat maka Penggugat lah yang dibebani beban pembuktian. Padahal dalam penerapannya, beban pembuktian tersebut terbagi secara merata antara Penggugat dan Tergugat. Tidak semua hal yang diungkapkan oleh Penggugat adalah kewajiban Penggugat itu sendiri untuk membuktikan kebenarannya. Misalnya dalam hal Penggugat menyatakan bahwa Tergugat tidak melaksanakan suatu Prestasi, maka hal itu akan sulit dilaksanakan karena membuktikan sesuatu hal yang negatif bukan merupakan hal yang mudah. Untuk itu hakim secara arif dan bijaksana membagi beban pembuktian kepada Pihak Tergugat yang menyangkal dalil-dalil dari Pihak Penggugat. Diskusi dilanjutkan dengan membahas secara dalam hal-hal yang berkaitan dengan Pasal 164 HIR (alat-alat bukti). Materi-materi diskusi tidak hanya terbatas pada apa yang menjadi fokus tema pada hari itu, melainkan siapapun yang memiliki pertanyaan atau berbagi pengetahuan-pengetahuan bidang hukum dapat saling bertukar pikiran dan menambah wawasan.

Demikianlah gambaran sekilas tentang proses jalannya diskusi hukum yang selesai dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB. Kegiatan ini di-inisiasikan sebagai bentuk kesadaran Pegawai Pengadilan Negeri Mempawah untuk terus meningkatkan kualitas terutama hal-hal yang berkaitan dengan Teknis Yudisial yang pada akhirnya nanti berimbas pada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas pelayanan hukum di Pengadilan Negeri Mempawah.


Comments

There are no comments

Posting comments after three months has been disabled.