Cancel
Login

Sosialisasi PERMA No.12 Tahun 2016

10Jan

Written by admin istrator




Selasa, 10 Januari 2016, pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Kartika diadakan sosialisasi PERMA No 12 Tahun  2016 tanggal 16 Desember 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas. Proses penyelesaian perkara pelanggaran lalu lintas yang dimaksud, diselenggarakan secara terpadu berbasis elektronik melalui dukungan sistem informasi dan teknologi. Pelaksanaan PERMA No 12 Tahun  2016 turut mendukung aplikasi e-tilang yang di luncurkan oleh POLRI guna membersihkan praktek-praktek pungli yang masih sering terjadi. Dengan diberlakukannya e-tilang, diharapkan masyarakat dan oknum terkait tidak melakukan pungutan liar dalam proses penilangan.
 
Sosialisasi dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Mempawah Syofia Marlianti Tambunan, SH. MH. dihadiri Wakil Ketua, Panitera, Wakil Panitera, Hakim dan Panmud Pidana, selain itu sosialisasi juga dihadiri oleh Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Mempawah Martino Manalu, SH beserta staf dan Kanit Patroli Polres Mempawah Ipda Marjuni beserta staf.
 
Pada sosialisasi, perwakilan dari Polres Mempawah juga menerangkan tentang aplikasi e-tilang. Berbeda dengan proses tilang yang berlaku saat ini, pelanggar harus datang ke pengadilan, e-tilang bisa mempercepat dan mempermudah proses tilang terhadap pengendara kendaraan bermotor di jalanan. Pelanggar bisa mentransfer denda, sehingga ia bisa mengambil surat-surat yang menjadi barang buktinya lagi tanpa melalui proses sidang. Dengan demikian, denda tak lagi dititipkan kepada polisi, tapi langsung dibayar lewat bank.

Sesuai PERMA No 12 Tahun  2016 Pengadilan Negeri Mempawah akan menyelenggarakan sidang perkara pelanggaran lalu lintas paling sedikit 1 kali dalam 1 minggu. Hakim akan mengeluarkan penetapan / putusan berisi besaran denda yang diucapkan pada hari sidang yang ditentukan pada pukul 08:00 waktu setempat. Penetapan/putusan denda akan diumumkan melalui website dan papan pengumuman Pengadilan Negeri Mempawah pada hari itu juga.

Comments

There are no comments

Posting comments after three months has been disabled.